Minggu, 17 Juni 2012

5 Best Novel I've Ever Read


1. Separuh Bintang – Eveline Kartika


Novel ini bercerita tentang seorang cewek bernama Vanessa Chiara yang dalam sekejap hidupnya yang penuh dengan kebahagian berubah menjadi mimpi buruk baginya. Ayahnya yang selama ini membuatnya bahagia dan merasa beruntung memiliki seorang ayah sepertinya tiba-tiba saja  mengatakan bahwa ia adalah anak haram dan meninggal Chiara, ibu dan Kakaknya Billy. Bukan hanya itu, setahun kemudian ia menemukan Billy, kakak angkatnya terbujur kaku dengan busa memenuhi mulut. Billy, overdosis.
Sepertinya semua orang yang Chiara cintai harus meninggalkan dirinya sebatang kara. 3 bulan setelah meninggalnya Billy, mamanya yang memang tengah menderita penyakit jantung terjatuh pingsan dan berhenti bernafas. Chiara yang masih berumur 16 tahun itupun akhirnya tinggal sebatang kara. Tapi untung saja, seorang Pria bernama Henry yang ternyata adalah teman lama mamanya menawarinya rumah dan mengangkatnya sebagai anak.
Di tengah kesedihan dan keterpurukannya itu, Aldy, sahabat sejatinya sejak kanak-kanak selalu setia menemaninya. Tetapi ada seseorang lagi yang menemani hari-hari barunya sebagai Ciya-bukan lagi Chiara, karena sejak peristiwa yang menjadi mimpi buruknya tersebut ia tidak ingin lagi di panggil dengan nama Chiara- adalah Enrico Leman putra dari ayah angkatnya. Tetapi Ciya tidak serta merta melupakan Billy kakak yang telah menempatkan dirinya lebih daripada sekedar seorang kakak. Billy adalah pacar pertamanya.
Setelah beberapa lama mencoba menjalani hidup sebagai Ciya yang tegar, akhirnya sebuah rahasia kelam keluarganya terungkap. Rahasia yang menyebabkan hidupnya menjadi mimpi buruk. Rahasia yang menyebabkan ayahnya pergi meninggalkan keluarnya. Dan… rahasia yang menyebabkan Billy seseorang yang selalu mengatakan ia mencintainya dan tidak akan meninggalkannya melakukan perbuatan bodoh dengan menggunakan narkoba yang menyebabkan ia overdosis.
Apakah rahasia itu? Dan siapa juga yang akan menemani hari-harin Ciya kelak? Apakah Aldy, seorang sahabat yang ternyata mencintainya sejak dahulu? Ataukah Rico saudara angkatnya yang terkenal play boy? Lalu bagaimana dengan perasaan Ciya terhadap Billy? Mungkinkah Ciya masih menyimpan perasaan kepada kakak angkatnya tersebut? Tapi pada akhirnya novel ini berujung bahagia dan sangat romantis. Silahkan baca novel Separuh Bintang selengkapnya untuk mengetahui kisahnya lebih lanjut! Dijamin kalian gak akan nyesel udah baca novelnya. MueheheJ

2. Refrain – Winna Efendi


Ini bisa jadi sebuah kisah cinta biasa. Tentang sahabat sejak kecil, yang kemudian jatuh cinta kepada sahabatnya sendiri. Tetapi sayangnya, di setiap cerita harus ada yang terluka. Ini barangkali hanya sebuah kisah cinta sederhana tentang tiga sahabat yang merasa saling memiliki meskipun diam-diam saling melukai.
Dan ini adalah kisah tentang harapan yang hamper hilang. Sebuah kisah tentang cinta yang nyaris sempurna, kecuali rasa sakit karena persahabatan itu sendiri. Tidak persahabatan yang sempurna di dunia ini. Yang ada hanya orang-orang yang berusaha sebisa mungkin untuk mempertahankannya.
Begitulah novel ini dikisahkan, Niki, Nata, dan Anna adalah sahabat yang merasa saling memiliki hingga pada akhirnya mereka saling jatuh cinta kepada sahabatnya sendiri. Ini adalah kisah cinta segitiga yang rumit. Sehingga banyak tangis dan luka yang tercipta. Hinnga salah satu dari mereka memilih untuk mengejar mimpinya keluar negeri dan meninggalkan sahabat-sahabatnya.
Well, novel ini keren. Setidaknya pasti ada di antara kita yang pernah merasakan jatuh cinta kepada sahabat sendiri tapi tidak ingin mengungkapkannya karena takut kehilangan sosok sahabat. Novel terbitan Gagas Media ini sangat patut dibaca bagi kamu-kamu remaja yang sudah mulai mengenal cinta dan persahabatan. Selamat membaca!

3. Jingga dan Senja, Jingga dalam Elegi, dan Jingga Untuk Matahari. – Esti Kinasih






Semua novel ini adalah novel terbaik karangan Esti Kinasi. Dari judulnya kalian sudah pasti tahu kalau novel-nevel tersebut saling berkaitan, dan ya memang benar. Jingga dan Senja adalah novel pertama selanjutnya adalah Jingga dalam Elegi, tapi untuk Jingga Untuk Matahari itu belum terbit. Menurut berita yang beredar, kayaknya novelnya bakal terbit akhir tahun ini.
Ceritanya berawal dari ketidak sengajaan Tari atau Jingga Matahari terperangkap di sela-sela tawuran antar sekolahnya SMA Airlangga dengan musuh bebuyutan sekolahnya yakni SMA Brawijaya. Ari, atau lengkapnya Matahari Senja sang pentolan dan biang onar sekolahnya berusaha menyelamatkan Tari yang notabene adalah adik kelasnya. Angga, pentolan SMA Brawijaya sekaligus musuh pribadi Ari langsung berusaha mendekati Tari karena ia menduga Tari adalah pacar Ari.
Tari membuat seisi SMA Airlangga tercengang. Semenjak kejadian tawuran antara SMA Airlangga dan SMA Brawijaya yang melibatkan Tari, Ari yang selama ini dikenal tidak peduli terhadap cewek dan membuatnya jadi incaran karena statusnya yang terus jomblo, tiba-tiba saja berusaha mendapatkan Tari dengan segala cara. Semua menduga karena persamaan nama.
Dengan predikat buruk Ari, Tari jelas saja terganggu dengan kehadiran Ari yang terus berusaha mengejarnya dan membuat hari-harinya di SMA Airlangga berantakan. Tapi, Angga sang pentolan sekolah musuh berusaha menjadi pelindung Tari dan ingin merebutnya dari Ari demi dendam masa lalu. Tapi Ari berhasil mematahkan usaha Angga. Keberadaan sepupu Anggga yang bersekolah di SMA Airlangga terbongkar yang mengakibatkan Angga terpaksa mundur. Akibatnya, Tari kini sendirian melawan Ari.
Suatu hari, saat sedang berjalan-jalan di sebuah mal, tanpa sengaja ia bertemu dengan Ari. Tapi ternyata cowok itu sama sekali bukan Ari, melainkan Ata atau lengkapnya Matahari Jingga. Tentu saja Tari sangat syok mendapati berbagai kenyataan yang sangat mengejutkan itu. Rahasia terbesar Ari, dan mungkin juga yang terkelam, akhirnya terkuak. Tari merasa semua pertanyaannya selama ini akhirnya terjawab. Kenapa Ari tercatat sebagai siswa yang paling bermasalah. Kenapa cowok itu dengan gigih terus berusaha mendekatinya. Dan kenapa sejak awal dirinya bisa merasakan bahwa sebenarnya Ari itu baik.
Dinovel selanjutnya, Jingga dalam Elegi menceritakan tentang rahasia lain Ari yang telah menempatkan Tari sebagai korban, tanpa sedikit pun Ata terlibat di dalamnya. Dan pada novel ini terjadi begitu banyak derai air mata. Tentang bagaimana rasa kehilangan di masa lalu itu mengubah sosok seorang anak baik dan penurut menjadi seseorang pembuat biang onar dan huru-hara. Tentang bagaimana pedihnya seorang anak yang harus menjalani hidupnya tanpa kasih sayang seorang ibu dan tentang bagaimana pertemuan kembali keluarga yang telah terpisah sejak lama.
Tetapi kisah mereka tidak cukup hanya sampai disitu, Ari masih belum mendapatkan hati Tari dan ia mulai merasa ia benar-benar mencintai gadis itu. Ata pun mengatakan bahwa akan banyak air mata yang dikeluarkan Tari nantinya. Taripun tak mengerti, dan di saat rasa sayangnya terhadap Ari mulai tumbuh, Angga muncul lagi dan mulai mendekatinya.
Nah penasarankan kelanjutannya di Jingga untuk Matahari? Gue juga penasaranT-T tapi sebaiknya kalo kalian belum baca novel ini dari awal mending baca dulu deh. Karena banyak hal yang belum kalian ketahui di novel-novel sebelumnya. Nah, bagi yang udah baca dan ngikutin kisahnya mari kita menunggu guys! Udah kangen banget nih sama Ari;;)

4. Autumn in Paris – Illana Tan

Autumn in Paris berkisah tentang Tara Dupont yang menyukai Paris dan musim gugur. Ia mengira sudah memiliki segalanya dalam hidup, sampai akhirnya ia bertemu Tatsuya Fujisawa yang susah ditebak dan selalu membangkitkan rasa penasarannya sejak awal.
Berbeda dengan Tara Dupont, Tatsuya Fujisawa benci Paris dan musim gugur. Ia dating ke Paris untuk mencari orang yang menghancurkan hidupnya. Namun ia tidak menduga akan terpesona pada Tara Dupont, gadis yang cerewet tapi bisa menenangkan jiwa dan pikirannya. Juga mengubah dunianya.
Tara maupun Tatsuya sama sekali tidak menyadari benang yang menghubungkan mereka dengan masa lalu. Adanya rahasia yang menhancurkan segala harapan, perasaan, dan keyakinan. Ketika kebenaran terungkap, tersingkap pula arti putus asa, dan arti tak berdaya. Kenyataan juaga begitu menyakitkan hingga mendorong salah satu dari mereka ingin mengakhiri hidup. Dan kalau seandainya masih ada harapan sekecil apapun untuk mengubah kenyataan, ia bersedia menggantungkan seluruh hidupnya pada harapan itu. Tapi ia tahu, itu tidak mungkin terjadi.
Autumn in Paris sebenarnya adalah novel kedua dari rangkaian novel 4 musim Illana Tan yang saling berkaitan, yakni Summer in Seoul, Winter in Tokyo dan Spring in London. Tapi tenang, novel-novel tersebut tidak sepenuhnya berkaitan. Hanya berkaitan pada hal-hal kecil saja. Jadi, kita tak perlu khawatir jika kita belum membaca novel sebelumnya. Keseluruhan novel 4 musim Illana Tan sebenarnya sangat bagus, tapi hanya Autumn in Paris lah yang diujung kisahnya kita akan tercengang dan menitihkan air mata. So, buat kamu yang cengeng setelah baca novel ini mata kalian pasti akan bengkak. Fufufu.

5. Sunshine Becomes You - Illana Tan





Novel ini baru aja terbit dan seperti biasanya, novel-novel karya Illana Tan tidak jauh dari kata Sempurna. Novel ini mengisahkan tentang Mia Clark sang penari kontemporer berbakat yang harus menghentikan mimpinya untuk menari setiap saat karena sesuatu hal dan menjadi pengajar disalah satu sanggar tari. Namun, pada suatu hari terjadi kecelakaan kecil antara dirinya dan seorang pianis terkenal yg mengakibatkan tangan si pianis terkilir dan tak dapat di gerakkan.
Alex Hirano sang pianis terkenal sangat marah dan menganggap Mia sebagai malaikat kegelapannya. Ia sama sekali tak menghiraukan permintaan maaf gadis itu yang mencoba membantunya dan bersedia menjadi ‘tangan kiri’ sementara pria itu. Tapi kemuadian karena merasa tidak sanggup melakukan sesuatu dengan 1 tangan iapun menerima permintaan gadis itu dan menjadikannya sebagai pesuruhnya.
Awalnya, mata hitam yang menatapnya dengan tajam dan dingin itu mebuat Mia gemetar ketakutan dan berharap bumi menelannya detik itu juga. Kemudian, Alex tersenyum dan jantung Mia yang malang melonjak dan berdebar begitu keras sampai-sampai Mia takut Alex bisa mendengarnya. Begitupula Alex, ketika melihat Mia tertawa, Alex bertanya-tanya bagaimana bisa ia berpikir gadis yang memiliki tawa secerah matahari itu adalah malaikat kegelapannya? Akhirnya keduanya merasakan perasaan dari mereka namun salah satu dari mereka tak ada yang ingin mengakuinya kerena ia merasa tidak berhak memiliki perasaan itu.
Novel ini adalah novel yang sangat-sangat bagus dan sangat-sangat patut pula untuk dibaca. Dijamin kalian gak akan menyesal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar